Kamis, 08 September 2016

Pengalaman Mencari Perguruan Tinggi (Part I)

Assalamualaikum, kali ini saya mau sedikit cerita mengenai perjuangan saya untuk dapat melanjutkan studi ke perguruan tinggi.


Nah, berhubung tahun 2016 ini saya udah lulus SMA, saya pun mulai daftar ke perguruan tinggi, karena kalo mau langsung kerja, tentu aja kalah jauh sama lulusan SMK, yang sejak awal memang udah diajari praktik lapangan. Jadi, buat temen2 lulusan SMA, saya sangat menyarankan supaya kalian lanjut ke perguruan tinggi, karena lulusan SMK tentu lebih menarik di mata perusahaan pencari pegawai. Perkara biaya kuliah, gak perlu khawatir, karena biaya kuliah pasti disesuaikan dengan penghasilan orang tua kok.

Pertama, saya daftar lewat jalur SNMPTN. Nah, yang mengejutkan saya, untuk pertama kalinya, di tahun 2016 ini, gak semua siswa SMA bisa daftar SNMPTN, karena tiap sekolah dibatasi hanya dapat mendaftarkan 75% siswa yang nilainya di mata pelajaran UN pada semester 3, 4, 5 paling tinggi. Jadi, belum apa-apa, udah bisa dipastikan ada 25% siswa di sekolah saya gak bisa daftar SNMPTN. Tentu aja saya deg-degan karena nilai saya emang agak memprihatinkan :D Tetapi, akhirnya diumumkan bahwa saya bisa ikut SNMPTN, dan ya bisa ditebak, saya seneng sekali, karena paling tidak, saya bisa mencoba peruntungan saya di SNMPTN ini lah.

Di SNMPTN ini, saya, setelah berdiskusi dengan keluarga dan teman-teman, akhirnya membulatkan tekad untuk menjadikan S1 Teknik Sipil Universitas Negeri Jember (UNEJ) sebagai pilihan pertama, dan S1 Teknik Elektro UNEJ sebagai pilihan kedua.

Nah, sembari menunggu pengumuman SNMPTN, saya pun tidak henti-hentinya berdoa, karena ya saya udah berusaha, dan tinggal Tuhan yang menentukan nasib saya.

Selain itu, saya juga memutuskan untuk mendaftar PMDK-PN. SNMPTN dan PMDK-PN ini sama-sama menggunakan rapor sebagai bahan seleksi utama, tapi kalo SNMPTN khusus untuk mendaftar ke Universitas Negeri, sementara kalo PMDK-PN khusus untuk mendaftar ke Politeknik Negeri. Saya pun memutuskan untuk menjadikan D4 Teknik Informatika Politeknik Negeri Jember (Polije) sebagai pilihan pertama, dan D3 Manajemen Informatika Polije sebagai pilihan kedua.

Nah, akhirnya hari pengumuman SNMPTN tiba, dan alangkah terkejutnya saya, karena saya tidak diterima di satupun pilihan saya. :( Jadi intinya, walaupun nilai kalian bagus, jangan terlalu percaya diri bakal diterima deh, karena masih banyak pertimbangan lain yang dipake oleh universitas untuk menentukan mana yang layak menjadi mahasiswa baru mereka, mulai dari rekam jejak SMA kalian, rekam jejak kakak kelas kalian di universitas tersebut, dan masih banyak lagi yang tentu cuma pihak universitas yang tau. Tapi juga jangan terlalu pesimis, karena tiap tahun pasti ada kok yang keterima, gak ada ceritanya kan, sebuah universitas gak menerima satupun mahasiswa baru ? :P jadi berdoa aja terus, sapa tau yang keterima selanjutnya itu adalah kalian.

Saya pun akhirnya memutuskan untuk mengikuti SBMPTN. Di SBMPTN ini, saya pun memutuskan untuk lagi-lagi mendaftar ke UNEJ, tapi kali ini saya memutuskan untuk menjadikan S1 Sistem Informasi sebagai pilihan pertama, dan S1 Farmasi sebagai pilihan kedua. Jujur aja, saya sebenernya gak pengen ngisi pilihan kedua, karena saya memang gak tertarik sama sekali dengan Farmasi, dan saya cuma pengen Sistem Informasi :D Tapi karena orang tua saya memaksa, maka jadilah Farmasi sebagai pilihan kedua saya. :P

Nah, akhirnya hari pengumuman PMDK-PN tiba, dan alangkah terkejutnya saya, karena saya berhasil diterima di D4 Teknik Informatika. Tentu saja saya sangat senang, karena paling tidak, saya udah bisa melanjutkan studi ke perguruan tinggi.

Walaupun udah diterima di salah satu perguruan tinggi, saya memutuskan untuk tetap mengikuti SBMPTN, karena ya saya udah terlanjur membayar uang pendaftaran, jadi minimal, walaupun gak diterima lewat SBMPTN, saya bisa dapetin naskah soalnya yang terkenal sulit itu. :D Hari ujian tulis pun tiba, dan saya pun mengerjakannya sebisa saya, karena soal-soalnya ternyata emang sulit vroh :D Jadi intinya, kalo mau ikut SBMPTN, belajarlah yang sungguh-sungguh karena soal-soalnya pasti jauh di luar imajinasi terliar kalian semua. :P

Hari pengumuman SBMPTN pun tiba, dan betapa terkejutnya saya, karena ternyata saya berhasil diterima di S1 Sistem Informasi yang emang saya pengen, bukannya diterima di S1 Farmasi. :v

Bingung lah saya, karena D4 Teknik Informatika Polije dan S1 Sistem Informasi UNEJ ini sama-sama sesuai dengan minat saya. Tapi setelah didiskusikan dengan orang tua, saya akhirnya memutuskan untuk memilih D4 Teknik Informatika Polije sebagai tempat saya menuntut ilmu untuk empat tahun kedepan. Untuk kenapa saya lebih memilih Polije daripada UNEJ, akan saya jelaskan kemudian di post yang berbeda, jadi tunggu aja lah :D

Sekian post saya kali ini. Semoga dapat memberikan sedikit pencerahan ke kalian semua. See you on the next post !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan sopan...